Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa password?

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Hide Lengkapi Isian!

Lupa Password? Silahkan masukkan alamat email Anda. Anda akan menerima email yang berisi password baru Anda.

Lengkapi isian!

Kembali ke log-in

Close

Kunjungan Anggota DPR RI dalam Rangka Reses Masa Sidang II Tahun 2020

Pada hari ini (11/3) bertempat di Ruang Musi, BRPPUPP Palembang menerima kunjungan dari Anggota DPR RI Komisi IV, Riezky Aprilia, S. H., M. H. bersama dengan tiga orang Tenaga Ahli DPR RI yaitu Fuad Kurniawan, Ray Zaldi Armar, dan Diah Okta Sari. Kunjungan ke BRPPUPP ini dilakukan dalam rangka Reses Masa Sidang II Tahun 2020.

Anggota DPP RI yang datang disambut dengan baik oleh Ketua Kelompok Peneliti (Kakelti), Perwakilan Peneliti, Kepala Seksi Pelayanan Teknis dan Sarana serta Kepala Subbagian Tata Usaha BRPPUPP. Mereka diajak untuk melihat ruang display awetan ikan BRPPUPP yang berasal dari berbagai ekosistem perairan umum daratan di berbagai wilayah Indonesia. Tercatat sebanyak 360 koleksi ikan awetan yang ada di BRPPUPP. Adapun ikan-ikan awetan tersebut telah ada sejak berdirinya BRPPUPP pada tahun 1969.

Dalam kesempatan ini, BRPPUPP menyampaikan output-output yang telah dihasilkan, seperti halnya publikasi, sertifikat kelembagaan, paten, dan inovasi teknologi. BRPPUPP juga memperkenalkan output unggulannya yang meliputi BATAS, SPEECTRA, dan DACOFA. BATAS (Barrier Tracking System) merupakan manajemen adaptif untuk pengoperasian bendungan dan penghalang di sungai-sungai Indonesia untuk mencapai pemulihan konektivitas aliran yang lebih efisien dan mengatasi dampak yang disebabkan oleh fragmentasi sungai. Sedangkan SPEECTRA (Special Area for Conservation and Fish Refugia) adalah tempat spawning, nursery, dan feeding ground, serta menjadi cadangan produksi ikan. Diharapkan dengan adanya SPEECTRA dapat memberikan economic benefit yang tinggi bagi masyarakat sekitar serta meningkatkan jumlah stok perairan umum daratan. Kemudian DACOFA (Data Collection of Fishery Activities) adalah aplikasi yang dikembangkan oleh SEAFDEC/IFRDMD yang berfungsi sebagai pengumpul data hasil tangkapan dan alat tangkap untuk memantau jumlah stok ikan saat ini.

Terhadap paparan yang disampaikan, Riezky Aprilia, S. H., M. H. mengaku sangat antusias dengan keberadaan BRPPUPP karena goal dan output riset yang dihasilkan bermanfaat bagi masyarakat perairan umum daratan.

< /div>